Sabtu, 30 Juni 2012

PASAR MODAL


PASAR MODAL
Pasar modal adalah tempat atau sarana bertemunya antara permintaan dan penawaran atas instrument keuangan jangka panjang, umumnya lebih dari satu tahun. Dalam hal ini pasar modal menyediakan berbagai alternative investasi lainnya, seperti menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah, bangunan dan sebagainya.pasar modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan institusi pemerintah melalui perdagangan instrument keuangan jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainya.
Fungsi pasar modal:
  1. Sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal(investor).
  2. Pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan seperti saham, obligasi, reksadana, dan lain-lain.
Saham merupakan salah satu instrument pasar keuangan yang popular. Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan sebuah perusahan ketika memutuskan untuk mendapat  pendanaan perusahaan. Saham didefinisika sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.dengan menyertakan modal tersebut maka pihak tersebut memiliki klaim terhadap pendapatan perusahaan, dan berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham atau disebut RUPS.
Menurut tandelilin, pasar modal secara umum dapat diartikan sebagai pasar yang menjual belikan produk berupa dana yang bersifat abstrak. Sedangkan dalam bentuk konkretnya, produk yang menjual belikan dipasar modal berupa lembar surat-surat berharga dibursa efek. Bursa efek dalam arti sebenarnya adalah suatu system yang terorganisir dengan mekanisme resmi untuk mempertemukan penjual dan pembeli sekuritas (saham) secara langsung atau melalui wakil-wakilnya.
Fahrudin menyatakan bahwa pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrument keuangan jangka panjang yang biasa diperjual belikan, baik dalam bentuk ataupun modal sendiri. Sebagai salah satu instrument perekonomian maka pasar modal tidak terlepas dari pengaruh yang berkembang dilingkungannya, baik yang terjadi dilingkungan ekonomi mikro yaitu peristiwa atau keadaan para emiten, seperti laporan kinerja, pembagian deviden, perubahan strategi atau perubahan strategis dalam rapat umum pemegang saham, akan menjadi informasi yang menarik bagi para investor dipasar modal.
Peranan pasar modal dalam suatu Negara adalah:
  1. Sebagai fasilitas dalam melakukan interaksi.
  2. Pasar modal memberikan kesempatan kepada investor untuk memperleh hasil yang diharapkan.
  3. Pasar modal member I kesempatan kepada investor untuk menjual kembali saham yang dimilikinya.
  4. Pasar modal menciptakan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan suatu perekonomian.
  5. Pasar modal mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga.
Sementara itu, peranan pasar modal diindonesia menurut rusdin antara lain:
  1. Pasar modal merupakan wahana pengalokasian dana secara efisien.
  2. Pasar modal sebagai alternative investasi.
  3. Memungkunkan para investor untuk memiliki perusahaan sehat dan berprospek baik.
  4. Pelaksanaan manajemen perusahaan secara professional dan transparan.
  5. Peningkatan aktivitas ekonomi nasional.
Factor yang mempengaruhi keberhasilan pasar modal antara lain:
a.    Supplay sekuritas, yaitu harus banyak perusahaan yang bersedia menerbitkan sekuritas dipasar modal.
b.    Demand akan sekuritas, bahwa harus terdapat anggota masyarakat yang memiliki jumlah dana yang cukup besar untuk dipergunakan membeli sekuritas-sekuritas yang ditawarkan.
c.    Hukum dan peraturan.
d.    Kondisi politik dan ekonomi, yang akhirnya akan mempengaruhi supply dan demand akan sekuritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar